in Gadget

Kudu On Tiap Waktu, Lakukan Cara Hemat Baterai Saat Travelling Ini

Berjalan-jalan ke tempat-tempat yang jauh akan sangat dimudahkan dengan keberadaan smartphone. Mulai dari mencari tahu kondisi destinasi wisata, petunjuk jalan, dan yang tak terlupakan adalah mengambil gambar. Belum lagi harus chat dengan banyak orang selama di perjalanan, entah itu janjian dengan teman di lokasi, sekedar memberi kabar pada keluarga, atau mengabarkan perjalananmu lewat dunia, live di media sosial. Banyaknya fitur yang kita pakai pada saat yang bersamaan akan membuat baterai menjadi cepat low. Tapi jangan khawatir, ini cara hemat baterai saat travelling yang bisa Anda coba.

  1. Charge secara optimal

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan Anda mengisi daya smartphone dengan optimal. Jika memang tidak teramat mendesak, lebih baik tidak digunakan sama sekali pada masa pengisian ini.

  1. Aktifkan Fitur Hemat Daya

Fitur Hemat Daya bila diaktifkan secara otomatis akan menon-aktifkan beberapa fitur. Misal GPS, di lokasi tujuan Anda tidak perlu menyalakan GPS, kan? Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kecerahan layar. Layar yang terlalu cerah akan mempercepat habisnya baterai.

  1. Pilih Mode Silent

Kadang kala kita lebih suka mengaktifkan mode getar ketika berada di lokasi-lokasi tertentu. Hal ini dikarenakan ketika ada aktivitas apapun di dalam smartphone Anda, suara notifikasinya berganti dengan getaran sehingga tidak mengganggu orang lain. Tapi tahukah Anda? Mode ini masih menghabiskan banyak daya, jadi lebih baik Anda menggantinya dengan mode silent selama travelling.

  1. Singkirkan Widget Tidak Penting

Homescreen yang banyak ditempati oleh widget-widget tentu akan menyedot banyak daya, buatlah sesimpel mungkin demi menghematnya. Anda bisa meletakkan widget paling urgent selama perjalanan.

Low-Battery

  1. Stabilkan Suhu SmartPhone

Bukan sekali dua kali ketika berada di luar ruangan kita menggunakan smartphone. Saat itu terjadi biasanya suhu smartphone akan meningkat. Terlebih pemakaian di bawah sinar matahari yang menyengat.

  1. Jangan Main Game

Memainkan games yang ada di dalam smartphone Anda akan banyak menyita daya. Terlebih selama perjalanan Anda terus melakukannya. Bisa jadi tahu-tahu baterai habis dan Anda tinggal kebingungan, mau charge di mana?

Menyesal sekali rasanya jika sudah berkunjung ke lokasi yang ciamik, namun tidak bisa mengabadikannya sebab smartphone yang tidak memiliki daya lagi, bahkan sejak keberangkatan. Apalagi harus cekcok dengan teman karena masalah ini. Tidak perlu lagi seperti itu. Selamat mencoba! Jangan lupa nikmati dunia nyatamu selama perjalanan, ada kalanya, smartphone lebih baik dibiarkan ketika tak benar-benar butuh.

Written By: