in Kesehatan

Waspadai 5 Tanda-tanda Stroke yang Jarang Disadari Ini

penyakit-strokeStroke merupakan penyakit yang menyerang bagian saraf tubuh. Penyebabnya bisa dikarenakan pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak terhalang oleh penggumpalan darah atau bahkan darah pecah sehingga menyebabkan beberapa sel otak mati. Oleh karena itu, sebelum stroke terjadi pada Anda waspadai 5 tanda-tanda stroke yang jarang disadari ini.

  • Punya Penyakit Darah Tinggi yang Tidak Bisa Di Kontrol

Risiko stroke meningkat pada seseorang dengan riwayat keluarga stroke. Seseorang dengan riwayat keluarga stroke lebih cenderung menderita diabetes dan hipertensi atau darah tinggi. Seseirang dikatakan menderita hipertensi apabila tekanan darahnya lebih dari 140/90 mmHg atau lebih dari 135/85 mmHg. Apabila penyakit darah tinggi atau hipertensi yang Anda alami sudah tidak bisa dikontrol, bisa jadi itu adalah gejala stroke. Gejala ini pun bisa disebabkan oleh komplikasi dari penyakit berat seperti diabetes.

  • Sering Kram dan Kesemutan

Kaki yang sering kram dan kesemutan pada bagian ujung jari dapat menjadi gejala penyakit diabetes melitus. Kesemutan dan  kram biasanya diikuti dengan gejala-gejala  dehidrasi, gampang lapar, dan tubuh lemas meski sudah terisi. Gangguan ini bisa disebabkan oleh tingginya gula darah sehingga timbul kerusakan di bagian saraf. Jika ini terjadi secara terus menerus, akan semakin meningkatkan risiko stroke akibat diabetes.

  • Sering Sakit Kepala

Sering sakit kepala dengan rasa nyeri mendadak yang tajam merupakan gejala stroke yang harus diwaspadai. Hal ini disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah, dalam kondisi tersebut penderitanya tidak dapat melakukan aktivitas apa-apa. Gejala ini sudah termasuk tanda stroke ringan.

  • Sering Gemetar yang Tidak Terkontrol (Tremor)

Tremor adalah gemetar atau menggigil yang terjadi secara tidak sadar. Adanya getaran pada tangan yang dialami biasanya terjadi saat sedang gugup atau syok berat. Sebagian orang mengalami kejadian tremor ringan (Tremor Fisiologi) yang dipicu oleh penyakit tertentu. Tremor biasanya disebabkan adanya bagian otak yang mengontrol otot mengalami masalah atau kerusakan. Apabila Anda mengalami tremor secara tiba-tiba atau memburuk, segera ke dokter.

  • Sering Pingsan

Tanda-tanda atau gejala stroke yang mungkin Anda tidak sadari adalah sering pingsan (kehilangan kesadaran). Apabila Anda sering pingsan saat sudah berusia lebih dari 40 tahun kemungkinan mengindikasikan kesehatan serius seperti stroke. Pingsan terjadi apabila tekanan darah mendadak turun karena aliran darah ke otak berkurang. Tekanan darah tersebut disebabkan karena diabetes, dehidrasi, ataupun gangguan saraf.

Apabila Anda mulai merasakan tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera mengunjungi dokter untuk konsultasi dan melakukan penanganan lebih lanjut. Anda juga harus lebih berhati-hati terhadap pil KB, dan terapi hormon setelah monopause karena hal tersebut dapat meningkatkan risiko terkena stroke.

Written By: