in Kuliner

Wisata ke Yogyakarta? Cicipi Makanan Khas Kulon Progo Ini

Kulon Progo merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Yogyakarta yang juga memiliki banyak tempat wisata. Barangkali Anda pernah datang kesana atau Anda familiar dengan nama Kalibiru. Ya, itu adalah salah satu lokasi wisata paling hits di Kulon Progo. Namun nampaknya belum mantap kunjungan Anda bila belum menyempatkan diri untuk mencicipi makanan khas Kulon Progo. Apa ya?

Tentang Geblek

Iya, namanya Geblek (dieja seperti Anda mengucapkan kata ‘solek’). Makanan ini banyak dijual di area Kulon Progo namun agak susah bila Anda mencarinya di bagian Yogyakarta yang lain. Rasanya gurih dan unik. Bentuk paling purba dari Geblek adalah seperti angka 8 ditambah satu lingkaran lagi. Seperti lanting, bila Anda lebih sering mendengar nama ini, meskipun dari segi tekstur dan rasa jelas berbeda.

Saat ini, telah banyak gerai khusus Geblek di Kulon Progo dengan ciri khas mencolok berupa warna dinding yang membalut adalah hijau dengan gambar geblek bersambung-sambung alias geblek renteng. Namun bila Anda tidak menemukannya, Anda bisa mencarinya di pasar-pasar tradisional pada pagi hari, sebelum kehabisan.

gebleg

Bahan Dasar

Makanan ini liat dan empuk ketika disantap dalam keadaan masih hangat. Berbahan dasar tepung singkong atau tapioka saja. Beberapa orang hanya menambahkan garam saja untuk bumbunya, tapi ada juga yang menambahkan bumbu bawang putih. Anda bisa menyantapnya dengan kuah cuko pempek. Tergantung selera Anda. Bila Anda berniat untuk menggoreng sendiri, Anda bisa mendapatkan bahan mentah Geblek yang bisa dicari di warung-warung tertentu yang menyediakan atau di pasar pagi, memang agak susah.

Masak-masak

Memproduksi bahan mentah Geblek juga tidak mudah dan cepat. Mulanya dari singkong yang diparut, kemudian di endapkan sekitar 3-4 jam untuk mendapatkan endapan berwarna putih, kemudian endapan ini harus Anda jemur hingga bisa diayak menjadi butir-butir tepung yang lembut. Ampas singkong dikukus untuk dicampurkan dengan tepung itu. Jadikan adonan dan silakan dibentuk. Penggorengannya pun harus diperhatikan betul, Anda sebaiknya menggoreng dengan api kecil, ini untuk menghindari Geblek hanya matang di bagian luar.

Nah, itu tadi sedikit tentang makanan khas dari Kulon Progo yang jarang Anda dapatkan di luar wilayah ini. Saking khasnya, batik dengan motif Geblek renteng menjadi batik yang wajib untuk semua anak sekolah dan Pegawai Negeri Sipil. Kuliner ke Kulon Progo, mau yang betul-betul Kulon Progo? Hanya Geblek jawabannya.

Written By: